Kalsel Terapkan Sistem Televisi Berjaringan

Banjarmasin – Setelah sempat tertunda selama dua tahun, regulasi mengenai sistem televisi berjaringan di Indonesia akhirnya mesti dilaksanakan juga mulai tahun 2010 ini dengan keluarnya Peratuaran Menteri

Komunikasi dan Informatika Nomor 43 Tahun 2009. Artinya, mulai tahun ini televisi-televisi yang memiliki daya frekuensi siaran nasionaljika menginginkan siarannya dapat diterima di daerah tertentu, maka ia harus bekerja sama dengan televisi yang ada di daerah bersangkutan.

Di Kalimantan Selatan sendiri, setidaknya sembilan lembaga penyiaran televisi nasional telah mengajukan izin terkait sistem televisi berjaringan tersebut.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel Suripno Sumas baru-baru ini menungkapkan, kesembilan stasiun televisi itu sudah mengajukan izin terkait sistem televisi berjaringan kepada Dinas

Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kalsel. Empat diantaranya dinyatakn siap untuk melaksankan sistem televisi berjaringan tersebut pada bulan Juni nanti, sedangkan sisanya tengah dalam tahap evaluasi dengar pendapat.

“Ada yang bekerja sama dengan Tv lokal, ada juga yang membangun staisun televisi sendiri,” ujarnya.

Adapun keuntungan dari sistenm televisi berjaringanda adalah mengakomodasi isi siaran televisi yang berlokasi di Jakarta.

Selain itu, dengan diberklakukannya sistem ini maka porsi iklan yang jumlahnya triliunan rupiah yang selama ini hanya dinikmati TV yang ada di Jakarta akan terdistribusi ke televisi lokal daerah. Dan yang tak kalah penting, akan terjadi pemertaan kesempatan bagi investor lokal untuk berpartisipasi dalam bidang pertelevisian.

(Sumber : Radar Banjarmasin edisi senin, 22 Maret 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s